Cara Menangkal Kejahatan Hipnotis

Cara Menangkal Kejahatan Hipnotis

Banyak sekali kejadian penipuan yang dikaitkan dengan hipnotis atau hipnosis.  Kejahatan hipnotis selalu diberitakan korban tidak berdaya, sehingga mau menuruti segala yang diperintahkan oleh pelaku.  Biasanya kejahatan disebut  kena hipnotis, kena gendam, dibawah pengaruh hipnotis dsb. Ketidak mengertian masyarakat dan media berakibat pada ketakutan terhadap kegiatan yang berhubungan dengan hipnosis.

Hipnosis pada dasarnya tidak bisa mempengaruhi orang lain apabila orang tersebut tidak bersedia. Hipnosis hanya bisa berjalan bisa subjek bersedia diajak kerja sama. Dalam kondisi hipnosis, seseorang masih bisa mendengarkan perkataan dari terapis, bisa berkomunikasi dan tentunya bisa menolak.  Pastinya Hipnosis tidak bisa membuat korban menjadi linglung dan tidak sadar.  Hipnosis berbeda dengan gendam yang mungkin bisa membuat korban menjadi tidak berdaya.

Penipuan hipnotis secara langsung maupun tidak langsung seperti penipuan lewat telpon, pada umumnya terpicu oleh sifat serakah dan rasa takut dari korban. Penipu sangat mengerti sifat dasar dari manusia yang ingin mendapatkan sesuatu secara mudah. Penipu biasanya memberi iming iming hadiah terlebih dahulu sebelum mengerjai korban, kadang memberi harapan palsu dengan cara menjual barang tiruan dengan harga tinggi, menakuti nakuti korban atas kesehatannya dsb.

Cara mengatasi penipuan hipnotis adalah dengan cara :

  • Tidak gampang percaya dengan orang asing yang kita temui.
  • Meskipun tidak perlu berlaku paranoid berlebihan tetaplah berhati hati terhadap orang asing yang menawarkan sesuatu
  • Jangan gampang tergiur dengan tawaran orang asing apapun jenis penawaran tersebut
  • Apabila menerima telpon dari orang yang tidak dikenal jangan sekalipun memberikan data perbankan anda. Sekalipun pelaku menawarkan sesuatu yang mungkin menggiurkan, tetaplah berusaha berpikir rasional
  • Apabila anda tetap tidak bisa menahan diri dari rayuan maut penipu, cobalah meminta nasehat dari istri, suami, keluarga atau teman anda. Pertimbangkan saran dari orang terdekat anda.

Gendam yang masih dipercaya masyarakat diakui atau tidak memang ada, akan tetapi umumnya gendam tidak bisa mempengaruhi orang dalam waktu lama. Gendam biasanya terjadi karena kaget ditepuk oleh pelaku, dihembusi asap rokok. Karena tentunya sulit membedakan penipuan berkedok hipnotis dengan gendam terapkan juga tips diatas untuk menghindari gendam dan beberapa tips dibawah ini.

  • Jangan duduk bengong sendirian di tempat umum yang bisa mengundang pelaku
  • Carilah teman apabila anda bepergian, karena umumnya gendam tidak bisa mempengaruhi orang banyak
  • Jangan biarkan pikiran kosong melamun
  • Selalu berdoa dan beribadah sesuai keyakinan anda sehingga terhindari dari hal hal negatif
  • Hindari stres

 

Baca Juga: Cara Mengatasi Stres

Baca Juga: Cara Menangkal Kejahatan Hipnotis

obat untuk gangguan jiwa