Mengenal Karakter Kepribadian Manusia

Mengenal Karakter Kepribadian Manusia

SEJARAH KEPRIBADIAN MANUSIA

Sejak jaman dahulu masyarakat mempunyai cara mengenal karakter kepribadian manusia, mereka meramal dan merangkum karakter manusia berdasarkan tanggal bulan dan tahun kelahiran.  Karakter manusia dihubungkan dengan metode kuno shio, weton, bintang astrologi dsb.

Penelitian tentang kepribadian pada ilmu psikologi sudah dilakukan sejak lama dan merupakan subbidang psikologi yang paling tua. Pada tahun 400 SM Hipokrates merumuskan 4 kepribadian dasar yang dikaitkan dengan karakter manusia yaitu : Melankolik, Kolerik, Sanguin dan Phlegmatik. Kemudian dilanjutkan dengan banyak penelitian yang dilakukan oleh ahli psikologi, dan muncul banyak sekali teori kepribadian dengan tipologi yang berbeda. Teori dengan pendekatan yang berbeda memunculkan banyak model dan pendekatan terhadap kepribadian manusia. Menurut psikologi Sigmund Freud dengan pendekatan psikoanalisa, menyimpulkan bahwa kepribadian manusia dipengaruhi oleh impuls bawah sadar. Kepribadian manusia mempunyai struktur bawah sadar yang terdiri dari tiga subsistem utama yang berinteraksi dalam mengatur perilaku manusia, yaitu ID, Ego dan Super Ego.

Pada tataran psikologi praktis, teori kepribadian yang dilontarkan Hipokrates masih populer dipakai sebagai rujukan praktis mengenal karakter kepribadian manusia.

MACAM KEPRIBADIAN MANUSIA

Ada 4 tipe kepribadian dengan ciri masing masing yaitu :

  1. PLEGMATIS. Orang dengan ciri kepribadian plegmatis umumnya pasif, temperamennya stabil, tenang, damai, dan terkendali.
  2. MELANKOLIS. Ciri kepribadiannya adalah kaku, suka menyendiri, rapi, pendiam, pesimistis, tidak ramah, bijaksana,  pemurung, suka cemas
  3. KOLERIS. Dengan ciri mudah tersinggung, selalu gelisah, agresif, mudah marah, impulsif, angin anginan, optimis, aktif
  4. SANGUIN. Ciri kepribadiannya adalah ramah, suka bergaul, suka tampil, senang bicara, riang, responsif, tidak suka repot, hidup, punya jiwa  kepeminpinan

Dari keempat tipe diatas bisa diringkas menjadi 2 tipe kepribadian yaitu

  1. INTROVERT meliputi PLEGMATIS dan MELANKOLIS
  2. EKSTROVERT meliputi KOLERIS dan SANGUIN

Keempat tipe kepribadian diatas mempunyai sisi negatif dan positif. Pada umumnya seseorang mempunyai kombinasi 2 tipe kepribadian dengan 1 kepribadian dominan. Seperti misalnya dominan Koleris dengan kombinasi Sanguin dan sebaliknya, dominan Koleris dengan kombinasi Melankolis dan sebaliknya,  dominan Melankolis dengan kombinasi Plegmatis dan sebaliknya, dominan Plegmatis dengan kombinasi Sanguin dan sebaliknya

Kepribadian seseorang bersifat menetap dan tidak bisa berubah. Hipnoterapi atau model terapi apapun tidak bisa merubah kepribadian seseorang. Yang bisa dilakukan adalah menyadari tipe kepribadian diri sendiri, berusaha mengatasi hal yang negatif dan memperkuat hal yang positif. Merubah kepribadian adalah hal yang mustahil dan bisa berakibat stress.

Pengetahuan tentang karakter kepribadian manusia ini sangat penting dalam kehidupan sosial bermasyarakat, kadang kita merasa heran dengan sifat karakter seseorang sehingga timbul pertanyaan kenapa dia gampang marah, kok senangnya ngomong aja, kok dia suka tampil ya, kok pendiam sekali dsb. Mengetahui kepribadian orang lain sangat berguna dalam membangun hubungan sosial dan bisa saling memahami karakter masing masing.

Dengan mengetahui kepribadian sendiri kita bisa memilih bidang pekerjaan yang sesuai sehingga tidak mengakibatkan stres kerja. Jangan memilih pekerjaan yang memang tidak sesuai dengan kepribadian kita, memang dengan latihan hal ini bisa diatasi akan tetapi sampai titik tertentu pastinya akan timbul stres.

Semoga pengetahuan ini berguna bagi kita semua.

Salam

 

 

Noer Tjahya
Saya Noer Tjahya Loekman C.Ht. Transpersonal Hipnoterapis akan membantu anda mengatasi berbagai masalah kesehatan jiwa. Saya bertempat tinggal dan praktek sesuai perjanjian di Surabaya, Jawa Timur, Indonesia. Saya hanya bisa membantu apabila anda menghendaki dan ingin menyelesaikan masalah anda. Telah banyak membantu masalah kesehatan jiwa dengan menerapkan metode Transpersonal Healing.