FOBIA – Ketakutan Irasional Yang Melekat Dalam Diri

FOBIA – Ketakutan Irasional Yang Melekat Dalam Diri

Fobia adalah istilah klinis yang digunakan untuk menggambarkan ketakutan irasional dan terus-menerus pada benda-benda tertentu, situasi, kegiatan, atau orang lain. Ketakutan ini berada di luar kendali seseorang dan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Fobia adalah sekelompok masalah mental yang dikenal sebagai gangguan kecemasan, Kondisi lain yang termasuk dalam kelompok Fobia adalah gangguan obsesif kompulsif, gangguan panik, dan gangguan stres pasca trauma. Ada banyak bentuk fobia, dan dapat menjadi takut sesuatu yang spesifik seperti terbang atau ketakutan sosial yang dapat menyebabkan individu-individu tertentu akan merasa cemas dalam situasi sosial. Contoh lain dari gangguan ini adalah takut binatang kecil, ruang tertutup, dan ular. Fobia biasanya dimulai di rumah dan berlanjut sampai dewasa. Beberapa kondisi ini jika tidak diobati dapat menghambat perkembangan mental dan kehidupan seseorang.

Bentuk umum dari fobia termasuk yang berikut ini :

  • Arachnofobia – takut laba-laba.
  • Ophidiophobia  -takut ular
  • Acrophobia – takut ketinggian
  • Agoraphobia – takut jika keadaan di mana melarikan diri sulit. Ini mungkin termasuk daerah ramai atau ruang terbuka.
  • Cynophobia  -takut anjing
  • Astraphobia – takut guntur dan kilat
  • Trypanophobia – takut suntikan
  • fobia sosial – takut situasi sosial
  • Pteromerhanophobia – takut terbang
  • Mysophobia – takut kuman atau kotoran

Penyebab fobia belum diketahui oleh para ahli kesehatan, tetapi penelitian menunjukkan bahwa terjadinya kondisi ini bisa menjadi interaksi kompleks dari gen dan lingkungan. Beberapa ahli menyebutkan bahwa hal itu disebabkan oleh sebuah peristiwa traumatis awal seperti gigitan anjing, terjebak dalam ruang tertutup, atau dipermalukan di depan umum. Individu yang  hipersensitif dapat merespon secara berbeda terhadap stres karena reaksi kimia yang unik di otak.

fobia

Gejala Fobia

  • Takut terhadap objek tertentu, situasi, atau kegiatan.
  • Sering merasa stres atau memiliki serangan panik ketika dekat suatu objek, aktivitas, atau situasi.
  • Menghindari objek, situasi, atau kegiatan yang sering dilakukan.
  • Ketakutan dan stres yang sering menghalangi aktivitas normal seperti belajar atau bekerja.

Pengobatan untuk fobia mungkin berbeda antara satu orang dan orang lain. Kondisi fobia ini dianggap sebagai salah satu masalah kesehatan mental yang paling mudah diobati. Kebanyakan pasien yang diobati dapat terus hidup normal. Individu yang memiliki fobia tertentu yang mudah untuk dihindari dan tidak mengganggu kegiatan sehari-hari, mungkin tidak memerlukan bantuan ahli profesional psikologi. Namun ketika kondisi ini mengganggu aktivitas seseorang atau rutinitas sehari-hari, spesialis kesehatan mental biasanya akan mendorong orang fobia untuk menjalani kombinasi psikoterapi dan obat-obatan. Antidepresan juga dapat mengurangi rasa takut dan panik dan terbukti efektif dalam banyak kasus. Obat anti-kecemasan juga dapat membantu tetapi pasien dapat menjadi tergantung pada obat-obat ini.

Suatu hubungan yang saling mendukung antara profesional kesehatan mental, anggota keluarga, dan teman-teman menjadi sangat penting dalam mengobati fobia. Dalam berbagai jenis fobia, beberapa gejala mungkin berkurang dengan diet sehat, olah raga dan perubahan gaya hidup seseorang. Menghilangkan kafein, mengurangi alkohol, olahraga teratur, dan mengurangi stres sangat penting dalam mengurangi gejala fobia tertentu.

 

Noer Tjahya
Saya Noer Tjahya Loekman C.Ht. Transpersonal Hipnoterapis akan membantu anda mengatasi berbagai masalah kesehatan jiwa. Saya bertempat tinggal dan praktek sesuai perjanjian di Surabaya, Jawa Timur, Indonesia. Saya hanya bisa membantu apabila anda menghendaki dan ingin menyelesaikan masalah anda. Telah banyak membantu masalah kesehatan jiwa dengan menerapkan metode Transpersonal Healing.